luarbiasa waktu saya baca buku ini. begitu menginspirasi!
robert t kaoskaki memang luar binasa! :D menyadarkan bahwa ternyata selama ini orang berpenghasilan besar hanya membeli liabilitas yang sejatinya mempermiskin diri sendiri dengan cara menggerus penghasilan secara perlahan. mobil, motor, TV, HP, semuanya dibeli tanpa ada tujuan yang produktif selain gaya-gayaan supaya bisa tampil keren.

cash flow quadran menjelaskan bahwa ada 4 quadran dari keadaan finansial manusia. quadran kiri ada employee dan self employee. nah, orangorang di quadran ini mendapatkan uang kemudian membelanjakannya habis-habisan. yang salah adalah ketika yang dibeli berupa libilitas seperti HP yg bisa menguras kantong dengan pulsanya kalau hanya di pake untuk smsan sama si doi. beli mobil yang bensinnya bikin kangker kalo mobilnya cuma dipake buat hang out yang ga produktif. dan banyak lagi contoh-contoh pembelian liabilitas yang sebetulnya tidak produktif bahkan membuat bangkrut tujuh turunan.

kemudian ada yang disebut dengan quadran kanan. disini ada bisnis owner dan investor. ini dia nih yang cihui... orang quadran ini adalah memanfaatkan uang yang dia miliki untuk membelajakan aset. apa itu aset? aset adalah sesuatu yang bisa menghasilkan pemasukan tambahan. misalnya seperti mobil. selain menjadi liabilitas, mobil juga bisa menjadi aset kalau kita sewakan alias buka rental mobil. sesuatu juga bisa dikatakan aset jika harga nilai jualnya bisa bertambah dari waktu kewaktu seperti properti. karena setiap tahun harga properti seperti tanah dan rumah akan selalu meningkat!

bagusnya sih pakailah yang kanan! karena kalo mau nyalip tuh harus lewat kanan... mau nyalip bos anda kan!?

0 pemuda yang komen